Kamis, 08 Maret 2012

Tips Beli Mobil Bekas

Tips Beli Mobil Bekas Seri Tips Beli Mobil Bekas, Jangan sampai tertipu beli mobil ngga taunya bekas tabrakan atau kekurangan yang lainnya. Pertama tips yang perlu diperiksa adalah body mobil, caranya dengan memperhatikan sudut-sudut body mobil yang paling penting dibagian kap mesin mobi, dibagasi, dan pada pilar tiang penyangga pintu.

Tips Beli Mobil Bekas...
Mobil yang sudah pernah tabrakan akan terlihat ada cacat pada bagian diatas tadi, kecuali dilakukan penggantian, bila demikian tidak menjadi soal. Periksa apakah warna mobil tersebut masih asli, dengan mengecek bagian pinggir karet pintu dan kaca. Kelengkapan surat kendaraan juga sangat perlu dan jangan diabaikan agar tidak menimbulkan masalah dengan aparat kepolisian.

Tips memilih mobil bekas (Seri Tips Beli Mobil Bekas)
A. Paling penting periksa body, chasis dan dek depan-belakang.
  1. Pastikan belum pernah nabrak atau ditabrak
  2. Body lempeng, nggak keropos (pintu-pintu periksa luar dalem)
  3. Pintu gampang dibuka/ditutup
  4. Nat/celah antar sambungan wajar alias nggak ada yang lari terlalu lebar
  5. Lisplang bawah kanan-kiri nggak keropos (ini penting)
  6. Periksa Dek dari bawah jangan ada yang keropos, terutama yang posisi depan dimana jadi pegangan chasis atau posisi belakang yang mendekati mounting untuk arm roda belakang.
  7. Dinding body yang ada diruang mesin/firewall juga jangan sampai ada yang keropos atau pernah di las (ini penting)
  8. Dudukan Shockbreaker pada ruang mesin dan bagasi juga jangan keropos atau berubah bentuk atau pernah di las (ini penting)
B. Interior (Seri Tips Beli Mobil Bekas)

  1. Dudukan/Rel Jok belum keropos dan mudah maju mundur
  2. Power Window ditest empat-empatnya.
  3. Setir dicoba puter-puter sedikit jangan ada speleng kalaupun ada sedikit sekali
  4. Mesin dinyalakan coba power steering, puter setir ke kanan dan kekiri sampai habis dan perhatikan bunyi yang timbul (semestinya nggak ada bunyi)
  5. Perhatikan saat kita muter setir RPM mesin akan turun sedikit.
  6. Nyalakan AC, dan coba putaran blowernya nyala semua nggak ? dingin nggak ?
  7. Perhatikan juga apakah body bergetar
  8. Coba lampu sen, lampu besar, lampu jauh, hazard, wiper dan intermitten-nya semprotan air wiper, lampu dashboard, jam, RPM-meter, meter bensin, meter temperatur.
  9. Cek pedal kopling, pedal rem, rem tangan dll.
  10. Cek Electric mirror (kalo ada)
  11. Cek Tape dan Radio kalo perlu.
  12. Cek glove-box buka/ditutupnya gampang tidak?
  13. Cek buka pintu dari dalam (empat-empatnya)
  14. Setelah mesin agak panas (ditandai dengan berputarnya engine fan) coba digas-gas mendadak apakah responsif dan coba tahan pada RPM 2000 dan perhatikan jarum RPM meter harus tenang di posisinya.
  15. Coba jalankan mobil maju dan perhatikan setir tidak boleh menarik ke satu sisi dan posisi setir lurus/ditengah.
  16. Coba belok patah ke kanan dan kiri dan perhatikan bunyi yg timbul pada as roda depan.
  17. Coba rem dan kalo bisa tahan lebih dari 10 detik, pedal tidak boleh turun, kalo turun berarti bocor.
  18. Coba kopling dan coba juga 1/2 kopling, jangan sampai ada getaran.

C. MESIN (Seri Tips Beli Mobil Bekas)
  1. Perhatikan suaranya terutama bunyi metal beradu atau bunyi bearing yang sudah oblak. Perhatikan bunyi ketukan klep.
  2. Perhatikan blok mesin basah atau tidak (karena oli), Perhatikan juga lubang busi basah atau tidak
  3. Perhatikan dari depan bagian bawah tepatnya dibagian main bearing ada kebocoran olie nggak.
  4. Perhatikan apakah kipas elektrik pendingin mesin berfungsi baik ketika mesin sudah panas.
  5. Matikan mesin dan cek olie melalui dip-stick apakah olie-nya wajar atau terlalu kental. Kalo kental boleh curiga.

Surat-surat
Periksa STNK, BPKB, Faktur (Kalo ada), cocokan data yang ada disitu dengan nomor-nomor yang ada dimobil. D. Dana dan Lain-lain (Seri Tips Beli Mobil Bekas)
  1. Hitung kemampuan dana yang dialokasikan untuk membeli mobil, baik cicilan maupun cash. Jangan sampai kita membeli mobil tapi kebutuhan prioritas yang lainnya menjadi terbengkalai seperti pendidikan anak.
  2. Cari tahu mobil apa aja yang bisa dibeli sesuai dengan kemampuan anda. Bisa lihat di iklan baris, tanya ke showroom, bisa lihat di internet, seperti situs gudangmobil.com, atau ketik search di google dengan keyword mobil bekas. Cari tahu juga obrolan obrolan di internet tentang mobil yang anda cari. Cari kelebihan dan kelemahannya. Terutama irit atau ga…
  3. Setelah anda menetapkan pilihan mobil, selidiki juga berapa “harga beli” mobil itu. Caranya dengan berpura-pura anda mau menjual mobil ke showroom mobil. Tanya saja berapa harga yang mau dibeli oleh showroom mobil. Biasanya showroom ingin langsung melihat kondisi mobilnya. Tapi bilang aja.. perkiraannya aja berapa? atau rangenya… Tujuannya biar anda bisa mengetahui harga pasar mobil itu..
  4. Ok, mulai hubungi orang-orang yang menjual mobil, baik individu maupun showroom. Jangan anti dulu dengan showroom. Memang harganya bisa lebih mahal dibanding individu, tapi ada after salesnya. Kadang-kadang ada juga, showroom yang menjual mobil bekas tabrakan di rumahnya. Jadi pembeli sulit complaint… Idealnya sih, cari mobil murah yang dijual individu tapi terawat dengan baik dengan mengecek profil penjual dan sejarah perawatannya.
  5. Ketika mobilnya sudah ketemu, mulai lihat kualitas eksteriornya. Ketuk-ketuk bodynya.. Apakah berbunyi kaleng atau keras. Pilih yang body kaleng. Kalau agak keras, maka mobilnya bekas dempulan karena tabrakan. Tapi ini terserah anda, biasanya mobil bekas tabrakan harganya jauh lebih murah… Buka kap mobil depan dan belakang. Lihat pinggiran-pinggirannya. Jika masih rapi berarti mobilnya tidak pernah tabrakan. Ini memang perlu ketelitian khusus. Kalau mau sendiri, bandingkan dengan mobil lainnya.
  6. Kemudian cek kaki-kakinya. Pegang shockbreaker, ada bocoran oli ga. Kemudian, coba jalanin mobil di jalan yang jelek. Apakah terdengar suara-suara aneh seperti duk..duk..
  7. Cek mesinnya, dengan melihat asapnya, apakah tidak keluar asap putih. Jika keluar asap putih maka bermasalah dengan mesinnya, kecuali anda lihatnya di pagi hari karena masih dingin. Coba bawa mobilnya, apakah tarikannya masih bagus. Coba dalam kecepatan tinggi. Terus kecepatan rendah. apakah ndut-ndutan, atau terdengar suara-suara yang aneh. Coba dengar suara suara yang aneh keluar untuk perseneling yang berbeda dan mundur…
  8. Kalau punya duit, bayar aja montir terpercaya untuk mengecek seluruhnya.
  9. Cek surat-suratnya, apakah nomor mesin dan rangka benar, ada faktur pembelian dll. Kalau ada duit cek aja ke kepolisian.
  10. Jangan lupa tanya bagaimana perawatan mobilnya, pakai oli apa dsb.
  11. manfaatkan cahaya matahari /senter untuk melihat pantulan sinar di body mobil. Garis body dan pantulan sinar mestinya tidak bergelombang,jika ada artinya mobil tsb pernah terbentur.
  12. teliti profil ban, dan jangan tersirap oleh kilau semir ban
  13. perhatikan karpet mobil yang tersembunyi,terutama bagian bagasi.jika lembab tandanya mobil pernah terendam air atau bocor
  14. cermati celah pada pintu,bagasi dan kap mobil.kerenggangan seharusnya sama
  15. pintu harus bisa dibuka dengan mudah dan sempurna
  16. cek sambungan pada spion,harus tidak menimbulkan bunyi saat digoyang
  17. hidupkan mesin dan dengarkan suaranya.waspadai getaran berlebih dan bunyi gesekan logam yang merupakan pertanda adanya trouble di mesin
  18. sasis tidak boleh rusak,lihat bila ada bekas las

Sumber: http://metroaktual.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar