Kamis, 15 Maret 2012

Saber Community: Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku

  • Saber Community: Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku

Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber Community) adalah komunitas yang beranggotakan para relawan yang peduli terhadap kejadian 'ranjau paku' yang sering terjadi di daerah Jakarta.


Ranjau paku adalah paku yang disebar oleh para 'oknum' penambal ban yang ingin meningkatkan pendapatannya dengan cara yang tidak baik, sudah banyak pengendara motor di Jakarta yang terperangkap ranjau paku.


Meski sulit dibuktikan, namun paku-paku yang bertebaran di jalanan tentu tidak datang begitu saja. Paku-paku itu ditaruh atau disebar oleh seseorang atau sekelompok orang demi meraih keuntungan. Ya salah satunya membuat laris tukang tambal ban yang mangkal tak jauh dari lokasi.


Beruntunglah, ada relawan Saber Community yang peduli dengan keselamatan pengendara motor. Komunitas ini secara rutin beroperasi membersihkan paku-paku di seputaran Grogol dan Roxy, dari pukul 19.00 sampai dini hari.


Komunitas ini menyisir jalanan dengan menggunakan magnet menyusuri Jalan Daan Mogot, ruas jalan Roxy, jalan layang Roxy, Roxy Mas, dan Jalan Majapahit. Siang hari mereka juga beroperasi namun disesuaikan dengan waktu luang masing-masing anggota. "Setiap orang bisa memperoleh paku 3 - 4 kg," ujar Siswanto, ketua Saber Community.


Awalnya mereka melakukan kegiatan ini sendiri-sendiri, namun setelah dibentuk komunitas Saber Community mereka melakukannya secara bersama-sama dan kegiatannya pun lebih terarah dan terkoordinasi.


"Kami hanya ingin membantu orang lain karena belum tentu pengendara motor membawa uang untuk mengganti ban dalam," ujar salah satu anggota. Sebagai gambaran, harga ban dalam kadang bisa 10% di atas harga pasaran, bahkan bisa lebih.


Kegiatan positif Saber Community terkadang mendapat rintangan, karena 'oknum-oknum' penyebar paku selalu mengintai mereka. Salah satu anggota pernah menjadi korban percobaan tabrak lari. Beruntung ia bisa menghindar sehingga lolos dari ancaman kecelakaan.


Mereka pernah membicarakan masalah ini dengan pihak polisi atau Satpol PP tapi tanggapannya kurang memuaskan. Mencoba lapor ke layanan SMS milik Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, hasilnya cuma ucapan terima kasih tanpa tindak lanjut yang semestinya.


Semoga pihak kepolisian, satpol PP, atau pihak-pihak yang terkait mampu meneladani kegiatan para relawan Saber Community ini, atau setidaknya mereka mensupport setiap aksi-aksi sosial Saber Community

Sumber : Ghiboo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar