Senin, 16 April 2012

Warga Antusias Sambut Operasi Simpatik

  • Warga Antusias Sambut Operasi Simpatik

Dalam Operasi Simpatik 2012 ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya intens menyinergikan peran para stake holder dalam upaya menurunkan angka kecelakaan dan perbaikan infrastruktur jalan. Hasilnya, antusiasme masyarakat pun cukup tinggi.

Kondisi ini tercermin di Jakarta Selatan. Awalnya, satuan lalu lintas wilayah Jakarta Selatan bersama Camat, lurah dan tokoh masyarakat di kawasan tersebut tengah melakukan peninjauan di lokasi kawasan tertib lalu lintas di TL Monalisa hingga TL Fatmawati yang dilanjutkan dengan penertiban.

Kegiatan ini ternyata mampu memancing peran masyarakat sekitar. Warga kelurahan Keramat Pela, Melawai, dan Pulo di Jaksel turut ambil bagian dalam upaya menyosialisasikan pesan keselamatan di jalan raya, yakni dengan menyumbang pembuatan poster dan atribut keselamatan lalu lintas.

"Masyarakat kelurahan Keramat Pela, Melawai ,dan Pulo membiayai secara swadaya poster maupun spanduk yang terpasang di titik-titik strategis di Jalan raya. Antusiasme mereka sangat tinggi," ujar Kasat Lantas Jaksel AKBP Supriyanto saat rapat kordinasi dengan stake holder, Kamis (12/04/2012).

"Ini merupakan bukti akan tingginya kesadaran dan kebersamaan masyarakat dengan Kepolisian dalam mengupayakan lalu lintas di jakarta menjadi tertib dan lancar. Tertutama untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Di lain pihak, Ketua RW Keramat Pela Drs H. Deden Jonan mengutarakan dirinya dan warganya sangat antusias menyambut aksi Operasi Simpatik 2012 di KTL Jakarta Selatan ini. "Kami beserta warga sangat mengapreasi hal ini. Permasalahan kemacetan di Jakarta tidak dapat di selesaikan oleh kepolisian saja, namun seluruh pemangku kepentingan lalu lintas, yang berkaitan dengan infrastruktur jalannya pun harus turut berperan," ujar H. Deden Johan.

Penindakan

Penindakan oleh satuan wilayah Jaksel dalam operasi Simpatik 2012 ini dilakukan di beberapa titik rawan pelanggaran seperti Pasar Cipulir, Blok M, Lenteng Agung dan Pasar Minggu.

"Pasar Cipulir kita pioritaskan karena di sini banyak pelanggaran khususnya roda dua yang melawan arus. Tentunya ini menjadi perhatian khusus," ujar Kepala Biro Operasi Satlantas Jaksel AKP Hendrick didampingi Kanit Dikyasa AKP Telly Bahute SH di lokasi penertiban di Jalan Raya Cipulir .

Selanjutnya Hendrick menambahkan dalam pelaksanaan penertiban ini pihaknya mengedepankan langkah peneguran. Namun jika pelanggaran tersebut berpotensi mengakibatkan kecelakaan maka akan dilakukan penilangan. "Kita pilah jenis pelanggarannya, jika memang berpotensi kecelakaan maka akan dilakukan penindakan."

Hingga memasuki minggu terakhir pelaksanaan Operasi Simpatik Satuan Wilayah Jaksel telah melakukan 1.059 teguran dan 400 penilangan. Penindakan operasi simpatik ini dilaksanakan secara gabungan dengan dibantu dari jajaran TNI, Dishub, dan Satpol PP. (Brig. Erwan/Danar/TMC POLDA METRO)

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar