Produsen mobil dunia tentu sudah mendesain kendaraan secara maksimal untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan di jalan. Salah satu hal yang paling mendasar adalah sasis mobil. Kerangka utama ini menjadi komponen utama penopang yang menjaga mobil tetap berfungsi normal.
Sasis kendaraan didesain dengan mengukur tingkat keamanan yang maksimum. Makanya, jika dicermati, pada sasis terdapat beberapa lubang, celah dan lipatan di beberapa bagian yang memang diciptakan tak cuma sebagai kerangka penopang dari belasan ribu komponen yang terbagi dalam beberapa bagian, yakni bodi (eksterior), kaki-kaki (suspensi), mesin, dan ruang kabin (interior).
Nah, ketika mobil mengalami kecelakaan dan bagian sasis rusak lantas dibawa ke bengkel umum. "Banyak bengkel umum dalam memperbaiki sasis mobil memakai teknik pemanasan. Cara seperti ini sangat membahayakan, karena mengurangi kekuatan dan elastisitas baja sampai 40 persen," komentar Iwan S, Instruktur Bengkel Auto2000 Bodi & Cat Sunter, pekan ini.
Sumber : Kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar