Senin, 23 April 2012

Senam Anti Stres Buat Pengemudi



Terlalu lama mengemudi dapat menimbulkan kelelahan dan stres bagi pengemudi. Terlebih ketika menghadapi kemacetan. Berdasarkan penelitian Queensland University of Technology, menyetir dengan kondisi stres sama bahayanya dengan menggunakan ponsel saat mengemudi. Untuk sedikit mengurangi kadar tersebut ada senam khusus yang dapat dilakukan di balik kemudi. Ford Motor Indonesia berbagi tips beberapa gerakan untuk menjaga kesegaran saat mengemudi dan dilakukan saat mobil berhenti.

1. Pernapasan
Bernapas secara benar dan teratur merupakan kunci melawan stres sekaligus menenangkan Anda. Caranya, tarik napas panjang lewat hidung tahan hingga hitungan keempat dan keluarkan melalui mulut.

2. Leher
Setelah seharian duduk di kantor biasanya leher cederung tegang. Untuk relaksasi, letakkan kedua tangan pada setir, perlahan gerakkan kepala secara berputar (ke kanan dan kiri) membentuk lingkaran. Lakukan paling tidak 4 kali.

3. Punggung
Angkat kedua tangan Anda ke atas dan tarik napas dalam-dalam. Disaat bersamaan, tarik badan ke depan hingga menyentuh setir. Kemudian letakkan tangan kanan mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri untuk menarik siku ke arah tubuh. Lakukan langkah sebaliknya untuk tangan kiri. Beban gerakan tersebut dapat mengurangi ketegangan di punggung bagian bawah.

4. Tangan dan kaki
Gerakan ini dapat menjaga kondisi tangan dan kaki agar tidak tegang. Genggam kedua tangan dan buatlah gerakan melingkar. Gerakan tersebut dapat membantu meredakan ketegangan dan mengalirkan peredaran darah. Begitu pula dengan kaki, saat berhenti jangan lupa mengistirahatkannya dan putar kedua kaki dengan gerakan melingkar.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar