Menurut David Strickland, Kepala NHTSA, kini mereka sedang memberi
masukan kepada produsen mobil agar mau mempercepat pemasangan alat
komunikasi tersebut pada seluruh kendaraan yang diproduksi. Pasalnya,
saat ini, alat komunikasi antar mobil baru dipasang pada mobil mewah.
Alat komunikasi yang berkembang saat ini adalah automatic emergency braking (rem otomatis) dan lane departure warning (peringatan kepada pengemudi agar tidak pindah jalur sesukanya).
Alat komunikasi yang berkembang saat ini adalah automatic emergency braking (rem otomatis) dan lane departure warning (peringatan kepada pengemudi agar tidak pindah jalur sesukanya).
80 persen
Strickland percaya, dengan adanya alat komunikasi tersebut, kecelakaan bisa dikurangi rata-rata sampai 80 persen. Khususnya kecelakaan akibat kelalaian pengemudi dan jarak pandang yang terbatas. Dijelaskan pula, Institut Penelitian Transportasi Universitas Michigan sedang melakukan penelitian tentang teknologi komunikasi antar mobil dan akan digunakan sebagai acuan kebijakan NHTSA di masa yang akan datang.
NHTSA juga mempromosikan gerakan yang dilakukan oleh Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Australia (Australia NCAP: New Car Assessment Programme’s), untuk memperbaiki struktur pengujian safety assist technologies (SAT) pada mobil baru. Menurut CEO ANCAP, Nicholas Clarke, penggunaan teknologi tersebut bisa mengurangi kecelakan di jalan raya sampai 75 persen pada 2030.
Strickland percaya, dengan adanya alat komunikasi tersebut, kecelakaan bisa dikurangi rata-rata sampai 80 persen. Khususnya kecelakaan akibat kelalaian pengemudi dan jarak pandang yang terbatas. Dijelaskan pula, Institut Penelitian Transportasi Universitas Michigan sedang melakukan penelitian tentang teknologi komunikasi antar mobil dan akan digunakan sebagai acuan kebijakan NHTSA di masa yang akan datang.
NHTSA juga mempromosikan gerakan yang dilakukan oleh Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Australia (Australia NCAP: New Car Assessment Programme’s), untuk memperbaiki struktur pengujian safety assist technologies (SAT) pada mobil baru. Menurut CEO ANCAP, Nicholas Clarke, penggunaan teknologi tersebut bisa mengurangi kecelakan di jalan raya sampai 75 persen pada 2030.
Kedua lembaga sepakat, mengurangi kematian di jalan dengan SAT.
Dinformasikan pula, NHTSA telah menetapkan peraturan penggunaan kamera
untuk mencegah kecelakaan saat pengemudi memundurkan mobilnya.
Suimber : kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar