Senin, 07 Mei 2012

Nih, Mobil Listrik Kolaborasi BMW-Daimler



Meski sama-sama dari Jerman, BMW dan Daimler - induk perusahaan dari Mercedes-Benz- sangat jarang  saling pandang, apalagi berkolaborasi untuk suatu proyek. Kali ini, kedua pabrikan mobil mewah itu coba mengesampingkan perbedaan mereka untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian Vision M di Universitas Teknik di Munich (Technical University Munich's=TUM).

Tujuan dari proyek ini untuk mengeksplorasi cara menekan harga dan meningkatkan keamanan mobil listrik kecil. Selain itu, Vision M membuat prototipe mobil listrik sesuai peraturan Eropa yang bertenaga 15kW dengan bobot 400 kg (belum termasuk baterai).

Padahal, keduanya sudah memiliki mobil listrik dan sangat maju dalam pengembangan. BMW sudah menyiapkan mobil kota i3 yang akan dipasarkan tahun depan, sementara Mercedes telah menguji sistem E-Cell yang peluncurannya tidak terlalu lama lagi.

Untuk melancarkan penelitian bersama ini, Kementerian Federal Jerman untuk Pendidikan dan Penelitian telah menyuntik dana segar 13,8 juta dollar Amerika (Rp127,7 miliar). Sedang BMW dipercaya memimpin tim yang melibatkan lebih dari 15 perusahaan swasta dan asosiasi publik yang terdapat di Jerman.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar