Kamis, 13 Juni 2024

Rumus Nyetir Aman di Sekitar Truk

 sumber foto : https://oto.detik.com/

Jakarta - Hyundai Creta remuk tak berbentuk setelah tertimpa kontainer truk. Berkendara di sekitar truk memang tak bisa sembarangan, hanya ini rumus amannya.

Kontainer truk yang gagal nanjak di kawasan Kamal Muara Raya menimpa Hyundai Creta. Akibatnya, Hyundai Creta remuk hingga bentuk aslinya tak nampak lagi. Creta itu nyaris rata dengan tanah.

sebelumnya, truk kontainer itu menyerempet Mitsubishi Triton. Namun demikian, pengemudi Triton masih bisa menghindar. Tapi tidak dengan pengendara Creta hingga akhirnya mobil tertimpa muatan truk trailer.Beruntung pengemudi di dalamnya dalam kondisi selamat. Diungkap Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto, pengemudi Hyundai Creta itu mengalami luka, dan kendaraannya rusak parah.

"Kendaraan trailer menabrak dan menyeret (menimpa) kendaraan minibus Hyundai yang berada di belakangnya," ujar Edy.

Berkendara di sekitar truk memang berbahaya. Terlebih bila posisi mobil persis berada di belakang truk. Satu-satunya rumus menjaga keamanan saat berkendara di sekitar truk hanyalah jaga jarak.

"Nggak ada rumus lain selain jaga jarak aman, berapa meter? Tergantung panjang dan sudut tanjakan, usahakan truk tersebut sudah ada ditable top/ujung tanjakan yang rata baru kendaraan di belakangnya mengikuti," tutur Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana saat dihubungi detikOto, Kamis (13/6/2024).

Lebih lanjut Sony mengingatkan agar sebisa mungkin menghindari posisi di belakang atau di depan truk karena risikonya sangat besar. Kalaupun tak ada pilihan, tetaplah menjaga jarak sambil mengamati pergerakan truk.

"Nggak banyak pilihan kalau mau aman, pilihannya cuma dua, tunggu truk tersebut sampai di atas atau pindah lajur," lanjut Sony.

Tapi bagaimana jika situasinya hanya satu lajur? Tak bisa dipungkiri di beberapa ruas jalan hanya ada satu lajur dan dilintasi oleh kendaraan besar seperti truk. Bila situasinya demikian, maka satu-satunya opsi hanya menunggu truk sampai di ujung tanjakan yang permukaannya rata.

"Nah, tunggu di posisi bawah atau menepi di bahu. Memang konsekuensinya banyak yang ngelakson tapi itu lebih baik daripada kecelakaan seperti pada berita?" tutup Sony.

Sumber : Rumus Nyetir Aman di Sekitar Truk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar