Senin, 04 Juni 2012

Supercar Hybrid Porsche Irit BBM

Produsen mobil yang berbasis di stuttgart Jerman, Porsche tampaknya telah menyelesaikan pengembangan pra-produksi dari versi prototype 918 Spyder dan telah merilis foto-foto resmi perdana dari mobil ini beberapa waktu lalu.
Supercar ini pertama kali ditampilkan sebagai sebuah mobil konsep pada ajang Geneva Motor Show pada tahun 2010 dan merupakan supercar yang menerapkan plug-in hybrid yang direncanakan masuk produksi pada akhir September 2013.
Porsche 918 Spyder ini dibangun dengan body yang super ringan tapi kuat, yaitu bahan serat karbon yang diperkuat dengan plastik yang didesain lebih aerodinamis. Untuk desainnya sendiri masih mempertahankan model konsep 918 Spyder sebelumnya hanya saja mendapatkan sedikit perubahan pada bagian headlamp, velg, bagian buritan belakang yang didesain ulang lebih halus dan juga merelokasi sistem knalpotnya.
Yang membedakan New Porsche 918 Spyder dengan keluarga Porsche lainnya adalah dari sistem plug-in hybrid driveline yang ada pada bagian tengah mobil yang berkapasitas 4.6 liter V8 yang mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 562 hp.
Mesin bakar ini akan digabungkan dengan dua motor listrik, yang pertama terletak di roda depan dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 107hp. Selanjutnya motor listrik kedua dengan tenaga 121hp dipasangkan dengan gearbox belakang yang akan digunakan sebagai penggerak roda belakang. Maka dengan kata lain tenaga total yang akan dihasilkan Porsche 918 Spyder lebih dari 762hp.
Kedua motor listrik ini akan disokong oleh Lithium-ion Hybrid Battery yang dapat terisi secara penuh dalam 2 jam menggunakan Compact Rapid-Charger yang juga akan menjadi standar kelengkapannya nanti. Selain itu fitur pada Porsche Hybrid ini akan mampu memberikan tenaga listrik tambahan dari energi kinetic yang dihasilkan dari pengereman mobil itu sendiri.
Performan mesin hybrid ini akan disandingkan dengan sistem transmisi tujuh percepatan kopling ganda yang mampu membuat Porsche 918 Spyder melesat dari 0-100 km/jam kurang dari 3 detik (mengingat versi Carrera GT hanya 3.9 detik). Dan saat melakukan uji coba di sirkuit Nürburgring Nordschleife Porsche 918 Spyder waktu yang tercatat adalah 7:22 menit, sedangkan Carrera GT 7:32 menit.
Dan sebagai mobil hybrid, Porsche mengklaim 918 Spyder sanggup menghasilkan konsumsi BBM yang sangat irit dengan tercatat 3.0liter/100km. Di mana jika menggunakan tenaga listrik 100% mobil dapat menempuh jarak sejauh kurang lebih 25Km yang diperkirakan hampir sama dengan Toyota Prius.
Porsche juga mengatakan kalau 918 Spyder saat menggunakan tenaga listrik 100% dapat melaju dengan kecepatan penuh yang mencapai 150 km/h, sedangkan untuk penggunaan mesin bakarnya dapat mencapai kecepatan puncak sekitar 325 km/h. (kpl/vin)

Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar