Senin, 04 Juni 2012

Bangun Pabrik Kedua, Honda Tambah Suplier dan Parts LokalBangun Pabrik Kedua, Honda Tambah Suplier dan Parts Lokal

Pabrik kedua PT. Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat mulai dibangun, Senin (4/6). Pabrik kedua Honda dibangun tepat di belakang pabrik lama dan memiliki total luas bangunan sebesar 95.000 m2. Pabrik ini diperkirakan akan menyerap sebanyak 2.000 sampai dengan 5.000 tenaga kerja baru.
Rencananya, pada pabrik yang baru ini Honda akan memproduksi model-model baru yang akan datang termasuk Honda Brio. Produksi Honda Brio di pabrik yang baru nanti akan didukung oleh penambahan supplier untuk kandungan parts lokalnya.
"Indonesia merupakan pasar yang penting untuk Honda. Dengan pertumbuhan pasar dan kondisi yang positif untuk pertumbuhan ekonomi, negara ini memiliki potensi yang besar bagi industri otomotif. Perluasan bisnis Honda di Indonesia guna memenuhi permintaan pasar mencerminkan prinsip Honda untuk selalu menghadirkan produk dengan kualitas tertinggi, namun dengan harga yang layak untuk kepuasan konsumen di seluruh dunia," ujar Takanobu Ito, President, Chief Executive Officer & Representative Director, Honda Motor Co., Ltd.
Sejalan dengan pendirian pabrik kedua, Honda berencana membawa model baru ke Indonesia, yang akan dimulai dari Honda Brio dan sebuah model MPV dengan harga terjangkau yang diproduksi di pabrik yang baru. "Seiring dengan diperkenalkannya Honda Brio dan produk-produk baru lainnya, kami akan meneruskan upaya untuk memaksimalkan kesenangan konsumen, dalam waktu yang singkat, harga terjangkau dan emisi CO2 yang rendah."
Sebelumnya, rencana pembangunan pabrik baru HPM tersebut telah diumumkan 15 Maret 2012 di kantor Kementrian Perindustrian, Jakarta. Dengan pembangunan pabrik yang baru ini, Honda akan meningkatkan kapasitas produksinya dari yang sebelumnya 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun. Total dana investasi yang diugulirkan sebesar Rp 3,1 triliun atau 27 miliar yen (329 juta dolar AS).
Pabrik Honda di Kawasan Industrti Mitrakarawang (KIM) memiliki luas total 512.500 m2, luas bangunan sebesar 97.575,79 m2. Pabrik tersebut telah memproduksi beberapa model, seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed.
Pabrik Honda saat ini memiliki fasilitas produksi seperti Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant. Pabrik Honda saat ini mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan.
Selain memproduksi mobil, pabrik Honda juga telah mengekspor Engine parts, seperti Cylinder Head, Cylinder Block dan Body Parts, yang meliputi Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk Honda Freed ke berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. (kpl/nzr/vin)

Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar